Awas, Fitur Buatan Apple Bisa Dipakai Bobol iPhone

Celah keamanan kerap muncul di tempat yang tak terduga, termasuk juga di teknologi voice assistant yang bisa diminta untuk membobol perangkat.

Contohnya seperti Apple Siri, yang ternyata bisa dipakai untuk membuka “jalan belakang” alias melewati lockscreen iPhone dengan sistem operasi terbaru iOS 10.2 tanpa harus memasukkan nomor PIN.

Langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut dijabarkan dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube milik iDeviceHelp.

Syarat utamanya, iPhone yang bersangkutan mesti berada di tangan dan mengaktifkan fitur Siri di lockscreen.

Pertama, sang hacker mesti menelepon iPhone. Siri bisa diminta untuk meberitahukan nomor telepon dengan bertanya “who am I?”.

Baca: Samsung Caplok Pencipta Siri

Saat iPhone dihubungi, si hacker akan memilih opsi untuk membalas panggilan dengan pesan tertulis (SMS), lalu menyuruh Siri untuk mengaktifkan voice over.

Langkah berikutnya agak rumit karena hacker mesti melakukan double-tap pada nama kontak yang dikirimi pesan, sekaligus menekan tombol pada keyboard.

Apabila berhasil, hacker akan dibawa masuk ke kolom “to field” yang akan memperlihatkan daftar kontak di ponsel.

Bukan hanya itu saja, dengan memilih opsi untuk membuat kontak baru dan memilih foto, hacker pun bisa mengakses aneka gambar yang tersimpan di camera roll iPhone.

Semua hal di atas bisa dilakukan sambil iPhone tetap dalam keadaan terkunci. Dengan bantuan Siri, tanpa membuka kunci pun, seseorang bisa mengakses informasi daftar kontak dan foto di dalam iPhone.

Penjabaran selengkapnya dari “bug” Siri ini bisa disimak dalam video di bawah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechTimes, Senin (21/11/2016).

Apple telah diinformasikan mengenai celah keamanan ini dan dikabarkan bakal segera menyalurkan update untuk menambalnya. Untuk sementara waktu, sebaiknya nonaktifkan fitur Siri di lockscreen sebagai langkah pencegahan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s