Uji Jatuh Xiaomi Mi Mix yang Berbahan Keramik, Kuat atau Ringkih?

Xiaomi Mi Mix banyak diperbincangkan karena desain fisiknya yang begitu menarik mata. Perangkat ini memiliki layar yang tampak seolah memenuhi bagian muka ponsel hingga ke pinggir bingkai, ditambah cangkang berbahan keramik serba mengilap.

Memiliki fisik menawan, bagaimana ketahanan perangkat dalam menghadapi benturan ketika terjatuh? Ternyata tidak begitu kuat.

Seorang YouTuber dengan akun JerryRigEverything telah menguji kekuatan Mi Mix melalui serangkaian uji jatuh. Hasilnya, Mi Mix mengalami retak-retak, meski jatuh dari ketinggian yang tidak terlalu tinggi.

Dalam pengujian pertama, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmochina, Senin (21/11/2016), JerryRigEverything menjatuhkan Mi Mix dari ketinggian sekitar 15 cm dengan punggung perangkat menghadap ke arah bawah. Hasilnya, smartphone yang awalnya dikira konsep ini mampu bertahan tanpa adanya goresan sedikit pun.

Hal tersebut, menurut JerryRigEverything, terjadi karena bahan keramik yang digunakan di tubuh Mi Mix. Keramik tersebut bisa memiliki tingkat kekerasan di angka 8 dari 10.

Kemudian, Mi Mix kembali dijatuhkan. Kali ini dari ketinggian 30 cm. Hasilnya masih sama, perangkat tersebut aman dari goresan.

Terakhir, smartphone tersebut dijatuhkan dari ketinggian sekitar 60 cm. Posisi jatuhnya sedikit berbeda dari dua pengujian di awal, dengan pinggiran sisi perangkat yang terlebih dahulu “mencium” lantai.

Kali ini, bodi Mi Mix retak cukup parah di bagian yang terjatuh itu. Ada pula retakan yang cukup panjang di bagian layar.

Baca: Video: Menjajal Xiaomi Mi Mix di Jakarta

Berdasarkan pengujian tersebut, JerryRigEvertyhing bisa menyimpulkan kekuatan Xiaomi Mi Mix. Meski bagian keramik sudah cukup kuat, pengguna sebaiknya membungkus Mi Mix dengan casing peredam benturan. Casing tersebut dapat berguna untuk membuat bagian pinggiran perangkat tidak retak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s