HTC Bakal Berhenti Jualan “Smartphone”?

Perusahaan asal Taiwan HTC dikabarkan sedang berpikir untuk keluar dari bisnis smartphone.

Kabar tersebut beredar untuk pertama kalinya dari situs berita berbahasa China, My Drivers. Dikutip KompasTekno, Senin (21/11/2016), Cher Wang, Co-Founder dan Chairperson HTC, dikabarkan akan menjual HTC pada periode Maret hingga Mei 2017 mendatang.

Belum diketahui, kepada siapa HTC mengajukan penawaran. Pembicaraan ini masih dalam tahap awal.

Baca: Resmi, HTC Bolt Usung Snapdragon 821 dan RAM 3 GB

Meski demikian, HTC mengatakan kepada media di Taiwan bahwa kabar tersebut tidak benar. Akun Weibo resmi HTC di China juga membantah kabar penjualan perusahaan itu.

Di waktu yang bersamaan, seorang sumber yang tidak mau disebut namanya mengatakan bahwa rumor penjualan HTC itu adalah benar. Ada empat vendor yang disebut sedang terlibat pembicaraan dengan HTC.

Menurut sumber itu, bantahan yang dikeluarkan HTC bertujuan agar situasi finansialnya saat ini tidak banyak diketahui oleh publik.

Jika rumor ini adalah benar, maka kemungkinan di 2017 tidak ada lagi smartphone HTC yang diproduksi. HTC dikatakan sudah akan berhenti berjualan smartphone.

Selain smartphone, HTC masih memilki satu produk baru yang bisa diandalkan, yakni headset virtual reality Vive.

Dikaitkan dengan Google

Smartphone Android buatan HTC terbaru yang beredar di pasaran saat ini adalah HTC 10. Penjualannya juga tidak baik di pasar.

Diterimanya proyek Google Pixel dan Pixel XL dari Google oleh HTC juga mengindikasikan bahwa perusahaan itu sedang berusaha mencari sumber pemasukan baru, selain berjualan smartphone.

Mungkinkah Google pada akhirnya nanti membeli HTC agar proyek smartphone Android Pixel-nya terus berlangsung? Sebagaimana dilakukan Google dengan Motorola pada 2014?

Saat itu, Google menjadi penyelamat Motorola dan membantu mempopulerkan kembali brand Motorola dengan melahirkan Moto X, sebelum akhirnya Motorola dilepas ke Lenovo.

Mungkinkah hal yang sama juga dilakukan Google kepada HTC?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s